Laman

Selasa, 27 Mei 2014

Animasi Pada Android

Android menawarkan beberapa alat animasi berbeda. Animasi yang didasarkan pada kelas Android.view.animation.Animation: RotateAnimation, TranslateAnimation, ScaleAnimation, dan RotateAnimation. Animasi ini digunakan antar pasangan View. Tipe kedua merupakan subkelas dari android.graphichs.drawable.Animation.Drawable bisa dimasukkan ke dalam latar belakang widget apa pun untuk menyediakan berbagai macam efek.

1. Animasi Tween
Sebuah animasi tween dapat melakukan serangkaian transformasi sederhana (posisi, ukuran, rotasi, dan transparansi) pada isi dari objek view. Jadi, jika dimiliki objek textview, objek tersebut dapat dipindahkan, diputar, maupun mengecilkan teks. Jika memiliki gambar latar belakang, gambar latar belakang akan berubah bersama dengan teks.

File animasi XML disimpan di res/anim file harus memiliki elemen root : <alpha>, <scale>, <rotate>, <translate>, atau <set> yang dapat menggabungkan beberapa elemen animasi. Secara default, semua instruksi animasi diterapkan secara bersamaan. Untuk membuat mereka terjadi secara berurutan, harus ditentukan atribut startoffset.

2. Animasi Frame
Ini adalah animasi tradisional dalam arti bahwa hal itu dibuat dengan urutan gambar yang berbeda dimainkan dalam urutan, seperti rol film. Kelas animation drawable adalah dasar untuk animasi frame. Lebih sederhana dilakukan dengan file XML yang berisi daftar frame yang membentuk animasi. Seperti animasi tween di atas, file XMl untuk jenis animasi termasuk ke dalam res/drawable. Dalam hal ini, petunjuk urutan dan durasi untuk setiap frame animasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar